AC Mobil Berisik

AC mobil berisik tentu terasa menjengkelkan. Karena, apabila ac mobil terdengar berisik menjadi tanda kerusakan sistem ac mobil. Jika hal ini tidak segera diperbaiki, bisa menjadikan ac mobil bermasalah. Misalnya ac mobil menjadi tidak dingin.

Penyebab AC Mobil Berisik

ac mobil berisik

Penyebab ac mobil berisik dapat disebabkan oleh beberapa hal. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas satu persatu. Sehingga anda dapat mengidentifikasi bagian mana yang mengalami kerusakan. Ketika anda berada di bengkel ac mobil dapat berdiskusi sehingga terhindar dari bengkel nakal.

Kerusakan pada kompresor ac mobil

Ac mobil berisik dapat disebabkan oleh gesekan putaran pulley kompresor. Hal ini dimungkinkan karena kerusakan bearing. Sehingga, putaran nya tidak lancar. Ini wajar terjadi karena pada bagian tersebut merupakan gerak mekanis. Seiring berjalannya waktu pasti mengalami keausan.

Yang kedua adalah kurangnya oli di dalam kompresor ac mobil. Didalam kompresor terdapat piston. Piston kompresor melakukan gerakan yang memerlukan oli agar tidak terjadi gesekan langsung. Kebocoran kompresor dapat menyebabkan oli kompresor berkurang. Sehingga, gesekan piston dengan badan kompresor ac menjadikan ac mobil berisik. Di pembahasan sebelumnya kita sudah membahas cara mengisi oli kompresor ac mobil.

AC Mobil Berisik

 

Kotoran masuk sistem ac mobil

Penyebab yang ketiga ac mobil  terdengar berisik adalah adanya sesuatu yang masuk dalam sistem ac. Misalnya ada potongan kertas yang tersedot ac kemudian berada di kipas blower. Tentu hal ini menimbulkan bunyi berisik ketika ac mobil dinyalakan.

Jaga kebersihan mobil anda di kabin dalam maupun pada ruang mesin. Kebersihan kendaraan akan menjadikan sistem ac mobil lebih terawat. Karena tidak ada benda lain yang memasuki kedalam sistem ac. Baik berupa benda besar seperti kertas atau daun. Maupun benda kecil misalkan debu atau pasir. Karena kotoran-kotoran ini dapat mengganggu sistem ac mobil.

kipas ac mobil

Longgarnya part ac mobil

Yang ke empat, proses bongkar pasang yang kurang sempurna. Misalkan ada baut yang masih longgar. Bisa juga komponen yang tidak terpasang sempurna. Hal ini menimbulkan celah yang dapat bergetar. Getaran ini akan membuat ac mobil berisik ketika dinyalakan. Karena putaran mesin biasanya akan bertambah ketika ac mobil hidup. Sehingga getaran mesin akan menggetarkan celah yang tidak terpasang sempurna.

Apabila anda mengalami tanda bunyi ac yang tidak seperti seharusnya sebaiknya segera diperbaiki. Perbaikan di awal waktu tentu lebih bijak daripada terlambat. Hal ini karena sistem ac mobil merupakan sistem yang terbilang berbiaya mahal apabila terjadi kerusakan. Sehingga sebelum terjadi kerusakan parah tentu akan lebih baik dilakukan perawatan lebih awal.

Semoga artikel ini bermanfaat. Menambah pengetahuan kita sehingga terhindar dari bengkel nakal. Terus rawat secara rutin sistem ac mobil anda. Perawatan akan lebih murah dibanding memperbaiki kerusakan ac. Sampai jumpa pada tips tips perawatan ac mobil berikutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *