AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

AC mobil tidak dingin hanya keluar angin disebabkan oleh beberapa hal. Setelah sebelumnya kita membahas cara membersihkan filter ac mobil, kali ini kita akan membahas ac mobil yang tidak dingin. Sistem ac mobil tidak dingin. Padahal ac telah dinyalakan.

AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Setidaknya ada 7 hal penyebab ac mobil tidak dingin hanya keluar angin saja. Apa sajakah itu? Baiklah, kita langsung saja menuju tekape.

Freon AC Habis Menyebabkan Ac Mobil Tidak Dingin

AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin 2

Penyebab yang pertama freon ac mobil berkurang atau habis. Ketika freon ac habis maka tidak ada pendinginan di sistem ac. Pada kondisi normal freon ac mobil akan mendinginkan evaporator. Kemudian hawa dingain ini akan ditiup kipas blower. Namun ketika freon ac habis evaporator tidak dingin. Akibatnya kipas blower yang seharusnya meniup hawa dingin evaporator ternyata tidak menghembuskan hawa dingin. Sehingga, ac mobil tidak dingin hanya keluar angin.

Baca artikel terkait. Tanda freon ac mobil habis. cek it out.

Berkurangnya freon ac biasanya terjadi akibat adanya kebocoran. Pada umumnya kebocoran beradai pada sambungan pipa atau selang. Bisa juga sambungan antar komponen didalam sistem ac. Pengecekan kebocoran dapat dilakukan dengan mengelap bagian sambungan dengan air sabun. bagian yang bocor akan terlihat bergelembung.

AC Mobil Tidak Dingin ada Kotoran Pada Kondensor

AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar AnginKondensor ac berfungsi untuk membuang panas dari sistem ac. Posisinya berada di ruang mesin bagian depan. Bentuknya mirip radiator. Apabila kondensor ac mobil terdapat kotoran maka pembuangan panas tidak akan maksimal. Sehingga hawa panas berputar kembali ke sistem ac.

Sebaiknya kondensor ac rutin dilakukan pembersihan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kotoran. Cukup semprot kondensor ac mobil dengan air melalui selang. Sehingga kotoran dapat tersapu bersih. Perawatan yang rutin akan menjadikan ac mobil tetap dingin.

Motor Extra Fan Mati

AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar AnginPanas pada sistem ac dibuang memalui kondensor. Saat mobil berjalan angin akan meniup panas di kondensor. Sementara saat mobil dingin tidak ada udara yang meniup. Sehingga diperlukan kipas atau extra fan untuk meniup kondensor. Ketika extra fan mati maka tidak ada yang meniup kalor pada kondensor. Sehingga panas akan kembali ke sistem ac menyebabkan ac mobil tidak dingin hanya keluar angin.

Nyalakan ac mobil lalu cek extra fan. Seharusnya extra fan langsung menyala ketika ac mobil dihidupkan. Posisi Extra fan terletak di depan kondensor ac. Pengecekan ini cukup mudah dilakukan.

Tekanan Freon Berlebih Menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin

Ketika ac mobil tidak dingin orang cenderung menambahkan freon. Padahal belum tentu itu penyebabnya. Apabila penambahan freon terlalu banyak akan mengakibatkan tekanan pada sistem ac mobil berlebihan. Hal ini mengakibatkan kompresor ac bekerja berat dan menjadi panas. Akibatnya kondensasi akan terhambat. Kompresor tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga membuat AC mobil tidak dingin terutama saat terjadi kemacetan.

AC Mobil tidak dingin karena Kompresor ac rusak

mengisi oli kompresor ac mobilKompresor ac berfungsi untuk menekan freon. Sehingga freon bersirkulasi dan berkondensasi serta menghasilkan suhu dingin pada evapurator. Saat kompresor mengalami kerusakan tidak ada yang menekan freon. Tentu saja hal ini mengakibatkan ac mobil tidak dingin hanya keluar angin saja.

Baca juga artikel sebelumnya. Penyebab kompresor ac rusak.

Penyumbatan Evaporator AC Mobil

Pada evaporator terjadi pengkabutan freon pada ekspansi valve. Kemudian disalurkan ke dalam evaporator dalam bentuk udara dingin. Penyumbatan pada evaporator tentu membuat sistem ac mobil tidak dingin. Debu atau kotoran masuk ke evaporator melalui hisapan blower.  Oleh karena itu jaga kabin anda selalu bersih dari debu, tanah, atau pasir dari alas kaki.

Fan Belt Putus mengakibatkan ac mobil tidak dingin

AC mobil tidak dingin hanya keluar angin juga bisa diakibatkan karena fan belt putus. Fan belt berfungsi untuk memutar kompresor dari gerakan mesin. Apabila part ini putus tentu kompresor tidak bekerja. Akibatnya freon ac tidak terkompresi dan tidak bersirkulasi. Tidak ada pengkabutan di ekspansi. Sehingga tidak tercipta suhu dingin.

Blower yang menghembuskan angin tidak menerpa evaporator dingin. Sehingga anda merasakan ac mobil tidak dingin hanya keluar angin. Oleh karena itu meskipun tombol ac ditekan, ac mobil tetap tidak terasa dingin.

Demikianlah pembahasan kita tentang ac mobil tidak dingin hanya keluar angin. Semoga artikel ini dapat menambahkan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *