Cara Mengisi Freon AC Mobil

Cara mengisi freon ac mobil. Kita akan ulas tata cara mengisi freon ac mobil. Sehingga ac mobil anda kembali menjadi nyaman. Pengisian yang salah menyebabkan ac mobil kurang dingin optimal. Pengisian freon ac mobil bisa anda lakukan sendiri. Tentu dapat menghemat pengeluaran.

 

Tata Cara Mengisi Freon Ac Mobil

Mengisi freon tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Artikel ini akan membahas cara mengisi Freon ac mobil. Untuk itu setelah mempelajari artikel ini harapannya anda bisa melakukan pengisian Freon ac mobil sendiri. Apabila anda masih ragu, disarankan memperhatikan tukang ac ketika anda menambah Freon ac mobil. Setelahnya anda bisa mempraktekkannya.

Sebelum mengisi Freon ac mobil, tentulah kita harus mempunyai pengetahuan awal. Yaitu tahu tentang freon habis. Baca artikel cara mengetahui freon ac habis. Setelah itu kita lanjutkan ke langkah berikutnya. Berikut ini adalah tahapan-tahapan cara mengisi Freon ac mobil.

cara mengisi freon ac mobil

  • Bersihkan Ac Mobil Secara Menyeluruh

Langkah pertama. Ketika kita ingin mengisi ulang Freon ac mobil bersihkan bagian-bagian ac terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar system ac mobil bekerja optimal. Tidak ada kotoran yang mengganggu system kerja ac. Pembersihan system ac mobil berikut ini.

  • Kosongkan Terlebih Dahulu Freon Mobil yang Masih Tersisa

Cara mengisi freon ac mobil pertama ialah mengosongkan freon. Proses pengosongan freon perlu dilakukan sebelum pengisian freon baru. Jika freon lama bercampur dengan freon baru terkadang bisa saja akan menimbulkan masalah. Jadi pahami prosesnya dengan baik.

Yang perlu dilakukan adalah menutup katup manifold gauge terlebih dahulu. Lalu hubungkan bagian manifold gauge dengan selang warna merah melewati alur menuju bagian nipel. Yaitu yang memiliki tekanan cukup tinggi. Kemudian selang warna biru pada nipel bertekanan rendah serta selang warna hijau melalui alur menuju pompa vakum.

  • Proses Pengisian Freon Baru

Pastikan semuanya telah terpasang dengan baik dan benar. Buka salah satu katup pada bagian manifold. Selanjutnya hidupkan bagian pompa vakum. Perhatikan dengan baik ukuran yang tercantum pada bagian vakum gauge. Sampai menunjuk ke angka kurang lebih berkisar antara 600mmHg (23,62 inHg, 80 kPa).

Lanjutkan membuka sisi katup manifold bagian satunya lagi agar vakum yang dihidupkan sebelumnya bekerja lebih efektif dan efisien. Karena akan bekerja pada kedua bagian sisinya. Lihat kembali angka yang ditunjuk pada vacum gaugenya.

Pastikan sistem yang berjalan sudah dalam keadaan bersih dari udara, uap, atau pun air. Nilai idealnya menunjukan 750 mmHg (29,53 in Hg; 99,98 kPa). Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Jadi biarkan pompa vakum tetap menyala sampai 30 menit. Setelah itu, atutup kedua bagian katup manifoldnya sebelum memutuskan untuk mulai mematikan pompa vacum.

Ketika sudah menutup kedua bagian katup manifold, berilah jeda waktu sekitar 15 menit. Lakukan pengamatan angka yang ditunjuk pada meter ukur tersebut. Apabila terjadi proses penurunan yang signifikan berarti terdapat kebocoran pada sistem AC mobil.

Baca juga: Selang AC Mobil Bocor

Rekomendasi Freon untuk Mengisi Freon AC Mobil

Cara mengisi freon ac mobil sudah dibahas di atas. Pada kali ini adalah rekomendasi pemilihan freon ac mobil. Memilih freon ac jangan hanya tergiur harga murah. Perlu juga mempertimbangkan kualitas pendinginan. Serta dampak setelahnya. Jangan sampai karena harga murah, ac mobil tidak memuaskan. Karena ini menyangkut pendinginan kabin mobil kesayangan.

rekomendasi freon ac mobil r134a klea

  • Freon AC Mobil R 134 A Merk Klea

Freon R 134 merk klea. Type yang satu ini memang memiliki harga lebih tinggi dari pada merk lainnya. Namun memang type yang satu ini kualitasnya tidak diragukan. Keunggulan yang dimiliki oleh type freon ini ialah freon dengan 100 persen. Bahan murni type R 134 A. Mempunyai efek yang bagus soal pendinginan.

  • Freon R 134 A Merk Refrigerant

Tipe freon R 134 A merk refrigerant. Freon ac mobil jenis merk ini banyak digunakan oleh perbengkelan ac mobil. Jika dilihat dari segi harga, juga tidak terlalu mahal. Sudah bisa dipastikan dalam segi kualitas dan harga tidak akan mengecewakan.

baca juga : cara mengetahui freon ac habis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *