Fungsi Kompresor AC Mobil

Fungsi kompresor ac mobil. Kompresor AC mobil berfungsi untuk mengalirkan media pendingin yang disebut Refrigerant atau Freon untuk bersirkulasi di dalam sistem AC mobil. Selain itu kompresor juga memberikan tekanan sesuai dengan kebutuhan. Kompresor ac mobil menghisap gas refrigerant dari evaporator yang bertekanan dan bersuhu rendah kemudian memampatkan gas tersebut menjadi cairan  yang bertekanan dan bersuhu tinggi.

Kompresor AC mobil umumnya digerakan oleh mesin mobil. Agar kompresor dapat dihidupkan dan dimatikan sesuai keinginan maka perlu penghubung putaran ke mesin berupa kopling magnet. Ketika AC hidup maka kopling magnet akan menghubungkan putaran mesin ke kompresor. Sedangkan ketika AC mati maka putaran dari mesin akan terputus sehingga tidak terhubung ke kompresor.

fungsi kompresor ac mobil

Perawatan Menjaga Fungsi Kompresor AC Mobil

Fungsi kompresor ac mobil sangatlah vital. Apabila kompresor mengalami kerusakan maka sistem ac mobil sama sekali tidak akan dingin. Ibarat kata, kompresor adalah jantungnya ac mobil. Sehingga part ini perlu perawatan khusus.

Salah satu yang dilupakan orang adalah kompresor ac mobil merupakan barang mekanik. Didalam kompresor terdapat piston yang bergerak seperti piston mesin. Sehingga didalam kompresor terdapat oli sebagai pelumas. Oli kompresor pun memiliki daya tahan tertentu sampai pada akhirnya harus dilakukan penggantian.

Technical Service Departement PT Denso Sales Indonesia, Nur Indra mengatakan, bahwa oli kompresor AC mobil perlu diganti. Biasanya, usia pakai kompresor umumnya 5.000 jam untuk kompresor AC car passanger. Jika anda sulit untuk mengukur jam pengunaan bisa juga dengan melihat berapa jauh mobil berjalan. Yaitu sekitar 20.000 km.

Saat sudah 5.000 jam atau sekitar 1,5 – 3 tahun wajib melakukan pengecekan kompresor ac. Seperti overhaule check, yaitu pengecekan keseluruhan kompresor seperti medical check up untuk kompresor. Sehingga fungsi kompresor ac mobil dapat berjalan prima. Ketika kompresor ac mobil sehat dan prima maka sistem ac akan lebih sejuk. Selain itu, ketika kompresor ac sehat, mesin mobil tidak terbebani. Mesin terasa ringan dan hemat bbm.

Masalah dan Efek Kompresor AC Mobil

kompresor ac berisik

1. kompresor ac mobil berisik / suara ngorok

Kompresor ac mobil berisik, indikasinya mirip suara gesekan benda logam. Bisa jadi karena oli kompresor yang kurang, piston dalam kompresor aus, atau longgarnya bearing. Selama jangka waktu tertentu tidak ada efek samping. namun lambat laun, kadang AC tidak dingin saat mobil berjalan pada RPM rendah.

2. Hilangnya kompresi pada kompresor

Fungsi kompresor ac mobil  yang paling dasar adalah menghisap refigrenant (freon) dan memompanya menuju kondensor AC dengan tekanan yang lebih tinggi. Saat kompresi berkurang, gejalanya adalah AC kurang dingin saat melaju pada RPM rendah, lalu berubah menjadi dingin saat melajy lebih kencang.

3. Magnetic Clutch bermasalah

Komponen ini yang menyambungkan putaran mesin dengan kompresor. Jika kinerjanya sudah lemah, efeknya hembusan udara AC baru terasa dingin saat mobil dipacu pada cepatan tinggi. Apabila berada pada kemacetan ac mobil kurang terasa dingin.

4. Kebocoran Freon AC

Ini dia yang membuat refrigerant cepat habis. Oli pada kompresor pun akan dikeluarkan sedikit demi sedikit sampai habis. Hal inilah yang membuat gesekan pada piston dalam kompresor sera bola-bola didalamnya makin kencang dan menimbulkan bunyi.

Pada kasus tertentu bisa diperbaiki. Namun kalau yang sudah akut, diperbaiki hanya akan mengembalikan fungsinya. Sedangkan suara akan tetap berisik. Kalau sudah begini, sebaiknya kompresor di ganti agar sistem ac mobil tetap awet.

Baca Juga : cara membersihkan filter ac mobil

 

 

2 thoughts on “Fungsi Kompresor AC Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *