Kondensor AC

Kondensor AC dan Fungsinya

Kondensor AC mobil merupakan komponen ac yang berfungsi untuk membuang panas freon setelah bersirkulasi dalam sistem ac mobil. Selain itu juga memiliki peran mengubah gas freon yang bertekanan tinggi menjadi cairan. Nantinya freon cair ini dialirkan menuju Receiver Dryer. Setelah dari receiver drier akan berlanjut ke expansi valve dan evaporator. Dimana freon menjadi sangat dingin. Angin akan dihembuskan oleh kipas evaporator akan menghasilkan hawa sejuk.

Letak kondensor ac mobil biasanya berada di ruang mesin. Tepatnya di depan radiator. Namun, ada juga jenis mobil yang meletakkan kondensor ac terpisah dari radiato. Namun yang pasti kondensor ac mobil akan diletakkan pada tempat yang memiliki aliran udara cukup lancar untuk membuang panas.

fungsi kondensor ac mobil

Kondensor AC Mobil Mengalami Kerusakan

Kondensor ac mobil tentu bisa mengalami kerusakan. Misalnya mampet pada saluran pipa. Jika ini terjadi maka proses pembuang panas tidak akan sempurna. Akibatnya tekanan Freon menjadi naik. Selain itu karena panas tidak terbuang maka terjadi over heat pada sistem ac mobil. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab ac mobil kurang dingin.

Kerusakan yang ke dua adalah kebocoran. Apabila kondensor mengalami kebocoran tentu saja mengakibatkan gas freon akan habis. Habisnya freon menyebabkan ac mobil tidak dingin sama sekali. Solusinya adalalah menganti kondensor ac kemudaian melakukan pengisian ulang freon agar ac mobil berfungsi kembali.

Baca Juga : Penyebab ac mobil tidak dingin

Tips Mengatasi Kebocoran Kondensor AC Mobil

Berikut ini adalah tips apabila kondensor ac mobil mengalami kebocoran.

1. Pengecekan Kondensor AC

Langkah pertama mengetahui kerusakan dengan memeriksa kondensor ac mobil secara langsung. Lakukan secara hati hati tidak merusak komponen lainnya. Apabila Anda tidak bisa memeriksa sendiri, dapat meminta bantuan teknisi spesialis ac mobil.

2. Menentukan Tingkat Kerusakan

Menentukan seberapa parah kerusakan kondensor ac mobil tidaklah sulit. Dengan menggunakan sebatang pipa, Anda dapat mengetahui apakah kerusakan kondensor ringan atau parah. Ambil pipa tersebut, lalu tiupkan ke bagian kondensor. Apabila tiupan pipa terasa ringan, maka kerusakan pada kondensor ac mobil masih ringan. Sebaliknya, jika tiupan pipa terasa berat, berarti kerusakannya parah.

3. Kondensor AC memerlukan penggantian

Kondensor ac mobil yang memiliki tingakat kerusakan parah perlu dilakukan penggantian. Ini bertujuan untuk mencegah kerusakan agar tidak merembet ke part lain. Penggantian kompresor ini justru akan menjadi langkah hemat. Karena part part lain tidak perlu anda ganti akibat penundaan. Perhatikan kualitas kondensor. Karena sistem ac merupakan bagian yang selalu digunakan apabila berkendara.

Demikian lah pembahasan kita tentang kondensor ac mobil. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Artikel : Penyebab magnetic clutch rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *