Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab ac mobil tidak dingin. Ada banyak penyebab ac mobil tidak dingin. Mulai dari freon, kompresor, evaporator, kondensor, drier, dll. Semua permasalahan tersebut intinya menyebabkan mobil tidak dingin.

Pada artikel kali ini kita akan membahas satu persatu. Masalah penyebab ac mobil tidak dingin akan kita ulas. Sehingga anda dapat mengetahui pada titik mana permasalahan terjadi. Sehingga terhindar dari bengkel nakal yang asal ganti suku cadang. Baik lah kita mulai pembahasannya.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

ac mobil

Adapun beberapa penyebab masalah AC mobil tidak dingin antara lain adalah:

  • Freon berkurang atau habis
  • Kerusakan kompresor
  • Magnetic clutch yang sudah aus
  • fan belt kompresor AC
  • Extra fan mati
  • Kompresor terlalu panas
  • Kotornya evaporator AC
  • Tersumbatnya saluran AC mobil

 

Detail Pembahasan Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

1. Freon yang sudah berkurang atau habis

Tekanan Freon AC Mobil

Freon merupakan zat utama yang menjadi pendingin. Zat ini bersirkulasi pada sistem ac mobil. Membuang panas melewati kondensor dan membawa suhu dingin ketika melewati ekspansi dan evaporator. Apabila freon habis tentu saja ac mobil menjadi tidak dingin.

Habisnya freon menjadi penyebab ac mobil tidak dingin. Biasanya ini terjadi karena kebocoran pada pipa-pipa ac dan sambungan part ac. Untuk mendeteksi kebocoran gunakan air sabun. Oles pada semua part ac. Apabila ada kebocoran maka terlihat gelembung gelembung sabun.

2. Kerusakan kompresor

fungsi kompresor ac mobilKompresor berfungsi untuk menekan freon. Sehingga freon dapat bersirkulasi ke sistem ac mobil. Apabila kompresor mengalami kerusakan akan menjadi penyebab ac mobil tidak dingin. Freon tidak memiliki cukup tekanan untuk bersirkulasi. Freon tidak dapat berkondensasi serta tidak mengalami pengembunan. Sehingga tidak tercipta suhu dingin.

 

3. Magnetic clutch yang sudah aus

Magnetic clutch berfungsi menghubungkan mesin mobil dengan kompresor. Beberapa yang menyebabkan magnetic clutch rusak. Yaitu kelistrikan mobil yang tidak stabil dan overheat pada mesin. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah melakukan penggantian magnetic clucth. Apabila anda mengganti di bukan bengkel resmi, pastikan magnetic clutch kompatibel dengan sistem ac mobil anda.

Baca juga: Penyebab magnetic clutch rusak

4. Fan belt kompresor AC

Fan belt merupakan sabuk yang  berfungsi sebagai penghubung putaran mesin dengan kompresor AC mobil. Apabila part ini putus tentu saja kompresor tidak berputar. Sehingga sistem ac tidak mendapatkan kompresi. Freon tidak bersirkulasi. Inilah penyebab ac mobil tidak dingin. Hanya mengeluarkan hembusan angin saja.

5. Extra fan mati

Fungsi kondensor ac

Extra fan berfungsi mendinginkan freon yang melewati kondensor. Apabila extra fan mati maka pendinginan freon tidak optimal. Akibatnya daya pendinginannya berkurang. Ini juga salah satu penyebab ac mobil tidak dingin. Anda dapat melakukan pengecekan langsung. Yaitu dengan cara menghidupkan ac mobil. Kemudian lihat apakah extra fan pada kondensor di ruang mesin berputar atau tidak.

 

6. Kompresor terlalu panas (overheat)

Suhu overheat dapat merembet menjadikan freon ikut panas. Akibatnya, kualitas freon berkurang atau rusak. Sehingga freon tidak mampu lagi untuk mendinginkan udara yang terkondensasi pada kondensor ac. Hasilnya tidak hanya menjadikan AC mobil cuma keluar angin, namun pada kasus tertentu menyebabkan AC mobil mengeluarkan hawa panas.

Tentu freon ac yang sudah rusak perlu dilakukan penggantian. Biaya untuk isi ulang freon biasanya tidaklah begitu besar. Setelah itu, kita perlu mengatasi masalah utama. Yaitu suhu yang terlalu tinggi (overheat). Solusi untuk masalah ini antara lain mengganti oli mesin dan melakukan penggantian spare part yang menjadi penyebab overheating.

7. Kotornya evaporator AC

Hawa dingin sistem ac mobil berada pada ekspansi dan evaporator. Pada evapurator terdapat kipas yang meniup hawa dingin menuju kisi kisi ac. Pada kasus evaporator yang kotor menyebabkan udara dingin menjadi ter blok. Sehingga udara yang keluar dari kisi kisi ac menjadi kurang dingin.

Selain menjadi penyebab ac mobil tidak dingin, evaporator yang kotor juga menyebabkan bau tidak sedap. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pencucian evaporator.

8. Tersumbatnya saluran AC mobil

Tersumbatnya saluran AC mobil juga menjadi penyebab ac mobil tidak dingin. Apabila saluran freon tersumbat maka freon tidak dapat bersirkulasi sempurna. Biasanya terjadi pada mobil yang penumpangnya sering merokok di dalam mobil. Selain itu makanan dan debu dalam kabin mobil juga dapat mempengaruhi ac mobil. Solusinya lakukan flushing AC. Biayanya tidak terlalu mahal.

Baca Juga : Kompresor AC Mobil Berisik

One thought on “Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *