Penyebab AC Tidak Dingin di Siang Hari

Penyebab AC Tidak Dingin di Siang Hari

Penyebab ac tidak dingin di siang hari tentu adalah hal yang menjengkelkan. Siang hari yang terik tentulah kita ingin mendinginkannya dengan ac mobil. Namun tiba-tiba ac tidak mampu mendinginkan suhu kabin mobil. Padahal sebelum sebelumnya masih dingin. Anehnya lagi pada malam hari ac mobil bisa menjadi dingin.

Baiklah kita akan ulas tentang fenomena tersebut. Penyebab ac tidak dingin di siang hari. Mari kita ulas satu per satu penyebab gejala ac yang tidak wajar tersebut. Cekidot.

Penyebab AC Tidak Dingin di Siang Hari

1. Freon Berkurang karena Kebocoran

Salah satu penyebab AC tidak dingin di siang hari karena freon berkurang. Seperti yang telah diketahui, freon adalah zat yang membuat ac menjadi dingin. Ketika jalur freon mengalami kebocoran maka freon akan berkurang secara perlahan. Efek dari berkurangnya freon ini adalah kemampuan pendinginan yang berkurang.

Karena siang hari sangat terik maka ac mobil tidak mampu mengatasinya dengan maksimal. Sehingga bagi pengemudi atau penumpang merasakan mobil tidak terasa dingin. Pada malam hari, suhu udara luar tidak terlalu panas. Sehingga suhu kabin mobil masih mampu di dinginkan oleh sisa freon yang ada.

Penyebab AC Tidak Dingin di Siang Hari 2

baca : tanda freon ac habis

2. Evaporator AC Mobil Kotor

Fungsi Evaporator pada AC mobil untuk mendistribusikan suhu dingin ke kabin. Evapurator dilewati oleh freon dingin sehingga permukaannya menjadi dingin. Permukaan dingin ini di tiup oleh blower sehingga aliran udaranya menjadi dingin. Aliran udara dingin ini yang keluar melalui kisi-kisi ac mobil.

jika evaporator ac mobil kotor oleh debu atau jamur, maka suhu dingin di permukaannya terhalang. Udara yang di tiup oleh blower menjadi kurang dingin. Selain itu efeksampingnya adalah bau yang tidak sedap. Oleh karena itu evaporator ac mobil sebaiknya dibersihkan secara bekala.

3. Ekstra Fan mulai Lemah

Fungsi ekstra fan pada ac mobil untuk membuang panas freon yang melewati kondensor. Apabila ekstra fan ini lemah maka pendinginan freon menjadi lambat. Sehingga suhu dingin freon kurang maksimal. Tentu hal ini berpengaruh langsung pada sistem pendinginan ac mobil.

Karena hal ini lah suhu terik di siang hari tidak mampu di dinginkan dengan sempurna. Akibatnya kabin mobil masih terasa panas. inilah salah satu penyebab AC tidak dingin di siang hari. Sedangkan pada malam hari, udara di luar cenderung dingin sehingga freon di kondensor dapat di dinginkan oleh udara malam. Sehingga fungsi kerja freon normal. Suhu kabin mobil di malam hari menjadi dingin.

4. Kompresor AC mobil Lemah

Kompresor berfungsi untuk memberikan tekanan pada freon. Sehingga freon dapat di sirkulasikan ke seluruh komponen ac mobil. Namun jika kompresor ac mobil mulai rusak maka tekanan freon ac mobil berkurang. Akibatnya freon tidak terdistribusi sempurna. Hal ini mengakibatkan kemampuan proses pendinginan ac tidak penuh.

baca: fungsi kompresor ac mobil

Karena kondisi ini, kinerja system ac mobil tidak 100 persen. Akibatnya di siang hari yang terik ac tidak mampu mendinginkan secara penuh. akibatnya AC terasa tidak dingin di siang hari. Sebaliknya ketika malam hari, kabin tidak terlalu panas. Sehingga kondisi kompresor yang melemah itu terkadang masih mampu mendinginkan di malam hari.

Inilah beberapa penyebab AC tidak Dingin di Siang Hari. Dengan mengetahui beberapa kemungkinan penyebab, kita dapat melakukan deteksi dini. Kita dapat mengetahui part mana yang seharusnya diganti. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga: Kompresor ac mobil berisik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *