Penyebab Magnetic Clutch Rusak

Penyebab magnetic clutch rusak sangat perlu anda ketahui. Hal ini karena, magnetic clutch merupakan part penting dalam sistem ac mobil. Part ini berhubungan langsung dengan kompresor ac mobil. Sehingga, Jika part tersebut rusak akibatnya ac mobil tidak dingin. Oleh karena itu, setelah sebelumnya kita bahas cara mengetahui kompresor ac rusak kali ini akan membahas magnetic clutch.

Fungsi Magnetic Clutch

Magnetic clutch memiliki fungsi menghubungkan kompresor ac mobil dengan putaran mesin. Part ini memiliki pulley. Dimana pulley berputar terus-menerus oleh putaran mesin. Penyambungan pulley dengan mesin biasanya melalui tali kipas mesin.

Bagian dalam pulley terdapat kumparan atau spul. Apabila spul mendapat arus listrik maka medan magnet terbentuk. Sehingga, center piece akan tertarik. Akibatnya putaran pulley dan bidang singgung bergesekan. Kemudian saling melekat. Dimana kondisi ini befungsi untuk memutar kompresor ac mobil. Apabila magnetic clutch rusak mengakibatkan kompresor tidak bekerja sebagaimana mestinya. Sehingga ac mobil tidak dingin.

magnetic clutch pada kompresor

Penyebab Magnetic Clutch Rusak

Magnetic clutch sangat erat kaintannya dengan putaran kompresor ac mobil. Sudah selayaknya magnetic clutch perlu dirawat. Untuk merawatnya anda perlu mengetahui apa saja penyebab magnetic clutch rusak. Berikut ulasannya.

magnetic clutch rusak

Cek saluran listrik

Kelistikan dapat menjadi penyebab magnetic clutch rusak. Atau tepatnya magnetic clutch tidak berfungsi. Apabila magnetic clutch tidak bekerja atau rusak, dapat disebabkan oleh kelistrikan. Perhatikan kabel dan saluran listrik menuju magnetic clutch. Cek apakah terdapat kabel yang putus atau tidak. Periksa juga kondisi aki mobil. Aki mobil seharusnya harus dalam kondisi baik sehingga listrik terisi. Pastikan sitem kelistrikan dalam keadaan baik.

Bersihkan Pressure Plate

Penyebab magnetic clutch rusak berikutnya adalah kotoran. Periksa pressure plate apakah terdapat minyak. Selain itu bersihakan juga dari kotoran lain yang menempel. Meskipun terlihat bersih, sebaiknya tetap dibersihkan. Sehingga, apabila pressur plate bersih maka rusaknya magnetic clutch dapat di minimalkan. Rajin rajin lah melakukan pengecekan.

Spul Magnet atau stator coil

Ketiga yang menjadi penyebab magnetic clutch rusak dapat timbul dari bagian stator. Stator coil berupa kumparan. Kumparan ini dapat terputus. Kemungkinan lain, kumparan ini dapat terbakar atau hangus. Apabila ini terjadi, maka magnetic clutch tidak berfungsi. Anda dapat mengganti spul magnet atau stator coil ini.

Demikianlah penjelasan tentang penyebab magnetic clutch rusak. Terus tingkatkan pengetahuan anda seputar perawatan ac mobil karena ac mobil biasanya berbiaya mahal apabila rusak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

5 thoughts on “Penyebab Magnetic Clutch Rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *