Tekanan Freon AC Mobil

Tekanan freon ac mobil. Freon ac berupa cairan. Berfungsi untuk menjadikan udara sejuk di kabin mobil. Pada sistem ac mobil ukuran pengisian freon harus sesuai. Apabila terlalu banyak atau terlalu sedikit mengakibatkan kerja ac tidak maksimal bahkan bisa menjadi masalah.

Akibat Tekanan Freon AC Mobil Berlebihan

Tekanan Freon AC Mobil

Apabila ac terasa kurang dingin, biasanya orang akan cenderung menambahkan freon. Namun apabila penambahan freon terlalu banyak mengakibatkan tekanannya berlebihan. Ketika pengisian freon terlalu banyak mengakibatkan pipa ac akan mengalami tekanan tinggi. Kondisi ini membuat arus listrik ke bagian magnet clutch akan putus.

Dari kejadian diatas efeknya adalah sistem ac justru tidak bekerja. Akibatnya kabin mobil tidak menjadi dingin. Ketika ini terjadi orang akan mencoba memutar panel ac ke suhu yang lebih rendah. Hasilnya pun nihil. Kabin tetap terasa panas karena sistem ac tidak bekerja normal.

Selain itu, akibat tekanan freon ac mobil yang berlebih menjadikan beban ac bertambah. Mesin mobil terasa berat ketika menyalakan ac. Hal ini disebabkan karena mesin mobil terbebani kerja kompresor yang kerja keras karena tekanan freon ac yang tinggi.

Takaran Tekanan Freon AC Mobil

Tekanan Freon AC Mobil

Perlu pengukuran tekanan freon ac mobil. Pengukuran ini membutuhkan manifold gauge. Dengan manifold gauge anda dapat dengan mudah membaca berapa besar tekanan freon didalam sistem ac mobil. Tekanan freon tinggi antara 160 – 250 psi. Ini terbaca dengan penunjukan pada sisi merah saat pengukuran. Sebaliknya tekanan freon yang rendah terbaca pada penjukan sisi biru yaitu tekanan 15 – 30 psi.

Cara mengukur freon ac mobil

  1. Tutup kran tekanan rendah dan tekanan tinggi manifold gauge . Tutup dengan arah jarum jam yang bergerak.
  2. Pasang naple biru pada service valve ac yang tekanannya rendah. Sebaliknya pasang naple merah untuk service valve ac tekanan tinggi.
  3. Agar pemasangan naple lebih mudah, pasanglah naple ac dengan gerakan memutar. Bagian atas ac diputar berlawanan dengan arah jarum jam. Kemudian tarik kancingan bawah sesuai arah panah agar naple dapat masuk ke bagianservice valve dengan pas.
  4. Langkah nomor tiga berlaku untuk ac bertekanan tinggi maupun rendah.
  5. Akan terdengar suara klik jika pemasangan naple ac benar pada tempatnya.
  6. Putar kedua kancingan pada ac warna merah atau biru searah jarum jam. Bisa juga ke arah open agar bagian service valve terbuka dan freon akan mengalir dengan baik.
  7. Pada saat ac mobil belum dinyalakan, akan terbaca seperti sebelumnya angka 70 – 90 psi. Pastikan manifold gauge bisa terbaca dengan jelas. Jika tidak terbaca kemungkinan ada yang salah dalam pemasangan. Ulangi pemasangan yang benar.
  8. Pengukuran pada saat ac mobil di hidupkan. Pada kondisi normal tekanan freon ac mobil tekanan rendah di level 20 – 30 psi. Sedangkan tekanan freon ac mobil tekanan tinggi akan berada di level 170 – 250 psi

Cukup mudah bukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel sebelumnya cara mengisi oli kompresor ac mobil. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *