Thermostat AC Mobil

Thermostat AC Mobil

Thermostat ac mobil merupakan sensor yang berfungsi untuk mengontrol temperatur. Apabila sensor thermostat telah mencapai titik yang di inginkan maka secara otomatis sistem ac akan dimatikan. Sehingga kabin mobil mendapatkan suhu udara yang diharapkan. apabila suhu berkurang tingkat dinginnya hingga mencapai pada titik tertentu sistem ac mobil akan di hidupkan kembali.

Cara Kerja Thermosat AC Mobil

thermostat ac mobil

Pada umumnya thermostat ac mobil berjenis thermostat mekanik. Model pengaturan dengan cara diputar atau geser. Sebagai pendeteksi suhu berupa pipa kawat kecil yang terisi air raksa, yang akan mengembang atau menyusut berdasarkan suhu. Di dalam thermostat terdapat tabung yang akan mengembang atau menyusut yang menyebabkan kontaktor di dalam thermostat tersambung atau terputus, yang kemudian memicu relai untuk menghidupkan atau mematikan kompresor dan kipas condenser.

 

Cara Setting Thermostat AC Mobil tanpa Bengkel

1. Menyetel Thermostat AC Mobil yang tidak dingin

Panas dinginnya kabin di kontrol oleh thermostat. Berikut melakukan re-adjust atau penyetelan ulang thermostat ac mobil yang kurang dingin. Biasanya setting suhu ini berupa baut kontrol. Sehingga untuk menjadikan ac mobil lebih dingin perlu pengaturan suhu kontrol thermotstat. Carilah bagian baut untuk tempat setting suhu ac mobil terlebih dahulu. kemudian Lakukan pemutaran setengah lingkaran dengan arah kebalikan dari arah jarum jam.

Saatnya mengukur atau merasakan apakah suhu yang dihasilkan sudah mulai terasa dingin atau tidak. Apabila ac mobil masih kurang dingin, maka anda bisa mengulangi lagi untuk melakukan pemutaran setengah lingkaran seperti proses sebelumnya.Apabila proses tersebut telah dilakukan namun tetap saja ac mobil tidak dingin kemungkinan kondisi thermostat sudah tidak baik.

2. Menyetel Thermostat yang tidak memutus kerja sistem ac

Thermostat-AC-Mobil-baut-setting

Thermostat berfungsi sebagai pengontrol suhu ac mobil. Sehingga bertanggung jawab untuk melakukan on off sistem ac. Dalam kondisi normal apabila suhu dingin telah tercapai maka thermostat akan memutus sistem ac. Apabila suhu sudah mulai naik kembali maka sistem ac diperintahkan untuk bekerja kembali. Proses ini juga dipengaruhi oleh pembacaan suhu oleh sensor thermostat.

Cara menyetel thermostat yang seperti ini cukup dengan melakukan pemutaran bagian baut pada setelan suhu. Arah putaran mengikuti arah dari jarum jam setengah lingkaran. Jika kondisi suhu sudah memenuhi ketentuan namun masih belum bisa memutuskan arus yang ada, maka anda bisa melakukan pengulangan terhadap setelan tersebut sampai benar – benar bisa memutuskan arus. apabila proses pemutaran pada baut sudah sampai mentok tetapi belum bisa memutus arus juga, artinya kemungkinan besar terjadi kerusakan pada thermostat.

3. Menyetel Thermostat ac mobil yang terlalu cepat on off

Untuk menambah waktu jeda on off sistem ac (on off kompresor ac mobil) cukup mudah. Dapat dilakukan pemutaran terhadap baut jeda atau baut differential. Putar sejauh setengah putaran. Kemudian cobalah mengukur waktu on off kompresor. Lakukan berulang sampai waktu jeda yang ideal.

apabila thermostat ac mobil dibiarkan on off terlalu cepat dalam jangka waktu yang lama akan membuatnya bekerja terlalu keras. Efeknya adalah dapat menjadikan kerusakan pada bagian bagian tertentu.
Apabila anda masih belum berani melakukan adjustmen secara sendiri, paling tidak anda dapat mengkonsultasikan ke bengkel ac terpercaya.

Demikianlah artikel seputar thermostat ac mobil. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : cara membersihkan ac mobil xenia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *